Pages

Kamis, 18 Juli 2013

TAMAN REKREASI KARTINI TEMANGGUNG JATENG

Sampai saat ini, taman rekreasi kartini masih menjadi ikon pariwisata di kabupaten temanggung. Objek wisata ini mudah dikenali, karma berada di pintu masuk kabupaten temanggung sebelah timur (dari arah secang dan semarang).
Pengguna jalan dari kedua arah ini akan menjumpai pintu gerbang taman rekreasi kartini disebelah kanan jalan. Karma letaknya strategis, objek wisata ini sering dijadikan tempat rehat pengguna jalan dengan kendaraan pribadi, setelah menempuh perjalanan luar kota. Tidak sedikit pula travel yang memberhentikan kendaraannya disini.
Fasilitas yang tersedia cukup komplet untuk sebuah tempat rekreasi umum, antara lain rumah makan puja sera, kolam renang tirto asri, arena bola basket, lapangan tennis, lapangan voli, hingga lapangan sepak bola.ada juga arena permainan anak, panggung kesenian, dan warung souvenir.
Setiap akhir pekan, apalagi pada musim liburan, kawasan ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota. Puncak keramaian terjadi pada musim lebaran, karena pengelola taman rekreasi kartini rutin menggelar gebyar pekan syawalan yang berlangsung selama 7 hari sejak tanggal 2 syawal. Banyak atraksi wisata yang ditampilkan, termasuk aneka makanan tradisional khas temanggung, pentas musik dangdut, dan lain sebagainya.
   
PELUANG INVESTASI
TAMAN Rekreasi Kartini merupakan salah satu dari sedikit objek wisata buatan di kabupaten temanggung. Ada keunggulan dan kelemahan dari objek wisata buatan.
Keunggulannya adalah lebih mudah menambah wahana pelengkap wisata, karena relative tidak berbenturan aspek sosial-budaya masyarakat sekitar. Namun kelemahannya, jika kondisinya tidak berubah dari tahun ke tahun, maka pengunjung yang pernah datang kesana mudah jenuh dan enggan datang kembali.
Oleh karena itu, pengelola taman rekreasi kartini secara rutin menambah fasilitas dan wahana permainan baru yang digandrungi masyarakat. Beberapa waktu lalu, objek wisata ini juga menambah arena bermain anak, bantuan dari bank jateng.
Masih banyak peluang investasi yang dapat dikembangkan ditempat ini, antara lain:
a.    Menyelenggarakan wisata keliling dengan kereta api (loko) mini, mengelilingi kawasan wisata ini.
b.    Membangun wahana permainan baru bagi anak-anak yang bersifat menantang. Misalnya jembatan gantung, flying fox (tali luncur), dan sejenisnya.
c.    Menambah fasilitas baru dikolam renang, misalnya jalan setapak dan bebatuan kecil (serupa kerikil) untuk pijat refleksi pada telapak kaki pengunjung. Bisa juga membangun kolam pesta air yang didalamnya berisi aneka permainan air (becak air, bebek air, bantal air), kolam arus dan sebagainya.
               
Dengan penambahan fasilitas dan wahana permainan baru, idealnya 1-2 tahun sekali, diyakini taman rekreasi kartini tetap mampu menyedot kunjungan wisatawan, baik wisatawan lama maupun wisatawan baru dari berbagai daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar