Pages

Selasa, 30 Juli 2013

AIR TERJUN KAKEK BODO PASURUAN JATIM

13690204111217537438Menghilangkan kepenatan dan suntuk setelah bekerja rutin sangat diperlukan agar  pikiran kembali jernih dan tubuh kembali siap melakukan aktifitas. Nah, cara yang pas untuk me-refresh tubuh adalah menikmati hijaunya pemandangan atau jalan-jalan di alam bebas mendengar suara alam. Termasuk mungkin merasakan segarnya air gunung di sungai-sungai dan air terjun.
Nah, ada objek wisata cantik  terletak di Lereng Utara Gunung Welirang yang cocok untuk aktifitas refreshing itu. Namanya Air Terjun Kakek Bodo. Ada yang menyebut Wana Wisata Kakek Bodo.  Objek ini berada di kawasan Wisata Tretes, diketinggian 850 meter dpl. Hawanya sejuk.   Hutan tempat air terjun ini berada termasuk dalam kawasan hutan lindung RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, KPH Pasuruan.
Kakek Yang Bodoh
Berkunjung ke Air Terjun Kakek Bodo Tretes, sangat mudah. Tinggal naik Bus yang ongkosnya 5000 rupiah dari arah Surabaya atau dari arah Malang. Turun di Terminal Pandaan. Lalu, naik angkutan (Colt L-300) jurusan Tretes.  Turun di Pertigaan Kedung Biru Tretes. Tinggal menyeberang jalan menuju loket masuk kawasan Wana Wisata Kakek Bodo. Jadi, hanya sekitar 50 Km dari Surabaya atau Malang. Tidak terlalu jauh.

1369020461265392765
Jembatan dan Cungkup Makam didekatnya (dok priabdi)
Air Terjun Kakek Bodo tidak sekedar menyajikan air yang terjun dari ketinggian punggung bukit. Tapi di lokasi ini tersedia sarana bermain yang cukup memadai. Ada kolam renang dan arena bermain anak-anak. Tiket masuk murah meriah. Tidak sampai 10.000 rupiah. Begitu masuk lokasi, Anda akan dimanjakan dengan nuansa hijau khas pegunungan. Pemandangannya elok menawan.
Air Terjun Kakek Bodo jatuh dari punggang bukit setinggi kurang lebih 40 meter. Airnya jernih. Segar dan cenderung dingin. Untuk  mencapai lokasi air terjun, Anda perlu berjalan sekitar 800 meter. Melewati jalan setapak yang layak. Banyak kelokan tapi tidak terlalu menanjak.  Di kiri kanan ada taman-taman asri. Setelah berjalan kira-kira  10 menit Anda akan tiba di sebuah pelataran bukit kecil. Pohon-pohon Pinus usia puluhan tahun kokoh menanungi pelataran. Teduh. Sepanjang mata memandang… hijau dimana-mana.
Jika perjalanan dilanjutkan, akan makin terasa segarnya udara pegunungan. Tak heran, Air Terjun ini sudah dikenal oleh orang Eropa (Belanda) di jaman Pra Kemerdekaan. Setelah melewati jembatan kecil yang melintas diatas sungai berbatu berair jernih, Anda akan mejumpai sebuah cungkup makam. Konon disitulah bersemayam seorang tua yang bernama Kakek Bodo.