Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

PEMANDIAN SAPTA TIRTA KARANGANYAR SOLO JATENG

Banyak sekali potensi pariwisata Kabupaten Karanganyar yang belum dikenal masyarakat secara luas. Selain Grojegan Sewu, Kemuning, air terjun Jumog misalnya, masih ada lagi andalan pariwisata Karanganyar yang selama ini dikenal dengan nama Pemandian Sapta Tirta Pablengan.
Obyek wisata pemandian air hangat Sapta Tirta yang juga digadhang-gadhang menjadi andalan pariwisata Karanganyar, adalah salah satu obyek wisata yang belum begitu populer. Kini, obyek wisata itu mulai berbenah diri. Direncanakan, di sana akan dibangun arena bermain, flyingfox serta fasilitas kolam renang di kompleks wisata yang terletak di Desa Pablengan, Matesih, Karanganyar itu.
“Setiap hari Minggu atau masa liburan ada peningkatan pengunjung hingga mencapai ratusan orang dan kebanyakan dari luar daerah. Mudah-mudahan dengan penambahan fasilitas, di masa mendatang Sapta Tirta akan lebih menarik minat pengunjung,” ujar Saimin petugas yang berjaga rutin di bagian pintu masuk.
Saimin juga menerangkan bahwa biasanya para wisatawan itu selain rekreasi, sebagian juga datang dengan maksud untuk berobat. Diyakini air yang kaya mineral dari sumber Sapta Tirta berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit.
Obyek ini dinamakan Sapta Tirta karena di sini terdapat tujuh buah sumber air dengan nama yang berbeda-beda. Pertama, Sumber Air Bleng yang airnya digunakan sebagai bahan pembuatan karak atau kerupuk. Kedua, Sumber Air Kasekten, airnya dipercaya dapat menambah kekuatan dan mensucikan badan. Ketiga, Sumber Air Mati yang dianggap unik sebab airnya selalu tetap, tidak bertambah dan tidak berkurang, namun konon air dari sumber ini tidak boleh digunakan untuk mandi, cuci muka apalagi diminum.
Sumber Air Hidup
Sumber Air Hidup
Keempat adalah Sumber Air Urus-Urus yang airnya digunakan untuk memperlancar buang air besar atau obat pencuci perut. Kelima, Sumber Air Hangat, airnya dipercaya dapat menyucikan badan sekaligus untuk mengobati berbagai penyakit kulit, gatal-gatal, dan rematik. Keenam Sumber Air Hidup yang airnya dipakai untuk membasuh muka agar seseorang awet muda dan tampak cantik penampilannya, Sedangkan ketujuh Sumber Air Soda, yang airnya berasa soda alami dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam seperti ginjal, TBC, liver serta gula.
Pemandian Sapta Tirta merupakan sumber air yang mengandung zat belerang, zat besi dan zat-zat lain yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan rematik,
Obyek wisata ini berjarak 17 km ke arah timur dari pusat Kota Karanganyar. Akses ke lokasi ini relatif mudah karena dapat ditempuh dengan bis umum mengingat letaknya persis di tepi jalan raya Karangpandan – Matesih.
Menurut sejarah, pemandian air hangat ini dibangun Mangkunegara VI sebagai tempat untuk tetirah trah Mangkunegaran. Selain untuk itu juga digunakan tempat meditasi kerabat Mangkunegaran untuk mengusir kepenatan. (kabarsoloraya.com/Bre)
Sumber air bleng.
Sumber air bleng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar