Pages

Rabu, 31 Juli 2013

AIR TERJUN SENDANG GILE LOMBOK

Ingin merasakan kesegaran alam saat Anda berada di Lombok, caranya cukup mudah, datang saja ke Air terjun Sendang Gile. Air terjun ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat Anda berkunjung ke Lombok. Airnya sangat dingin dan sejuk karena berasal dari Gunung Rinjani. Letaknya berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama air itu meluncur  dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya. Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar sehingga kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk mandi di bawah air terjun.
Nama Air Terjun Sendang Gile sendiri konon berasal dari cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini saat memburu singa gila yang mengganggu dan masuk ke sebuah kampung. Singa itu kemudian lari dan masuk ke hutan. Dari kejadian itulah kemudian masyarakat menamakan air terjun itu sebagai Sendang Gile.
Tak hanya itu, penduduk setempat juga mempercayai bahwa air terjun ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya apabila membasuh muka atau mandi dengan air terjun tersebut. Nah, di dekat air terjun ini ada sesuatu yang cukup unik, Anda mungkin sudah biasa jika mendengar kata Jembatan gantung, tetapi bagaimana kalau Anda mendengar kata Jembatan Berlubang?. Disini Anda dapat menjumpai Jembatan Berlubang yang di dalam jembatan terdapat aliran air irigasi , dengan bentuk berlubang di bagian tengahnya.

Lokasi

Air terjun ini berjarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Mataram. Untuk menuju ke desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari pusat kota Mataram. Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk menuju kesana, yaitu pertama melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi. Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini. Oleh sebab itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara).
Selanjutnya dari pintu masuk di desa Senaru ke lokasi air terjun, Anda harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Belum ada penginapan di sekitar lokasi air terjun ini, alternatif adalah Camping Ground atau menyewa rumah di sekitar Desa Senaru untuk menginap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar