Pages

Selasa, 30 Juli 2013

PANTAI TAMBAK BLITAR JATIM

Kabupaten Blitar memiliki lokasi wisata bahari dengan panorama alam yang cukup eksotik. Pantai Tambakrejo misalnya, terletak di kawasan hutan karet menjadikan pesona tersendiri bagi para wisatawan.
Berlokasi di kecamatan Wonotirto, desa Tambakrejo, Pantai Tambakrejo terletak kurang lebih 30 km dari pusat kota Blitar ke arah Selatan. Birunya laut dengan hamparan pasir putih menjadikan suasana tenang nan damai. Ombak laut selatan serta panorama matahari tenggelam seakan memecah 

Pasir yang putih membentang berbentuk sebuah teluk dengan panjang kurang lebih sepuluh kilometer nampak berkilauan. Ditambah deburan ombaknya menerpa batu batuan karang menambah semakin maraknya suasana. Panorama pantai Tambakrejo terkenal dengan ombak laut Selatan yang cukup garang dan berhawa sejuk, menjadikan lokasi ini tempat favorit sebagai tujuan wisata.

Keindahannya sangat dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Akan tetapi, ganasnya ombak tidak membuat pengunjung surut nyali. Seakan tertantang untuk menaklukkannya. Hal ini dapat terlihat ketika ada yang berenang ataupun hanya mandi di bibir pantai. Perlu diperhatikan, mengingat ombak laut cukup deras, petugas telah membuat papan peringatan guna keselamatan wisatawan.

Bagi yang tidak bisa berenang, masih banyak aktivitas dapat dilakukan seperti, berjemur, memancing, membuat patung berbahan pasir atau hanya sekedar berjalan kaki mengelilingi pantai sambil menikmati butiran-butiran halus pasir pantai. Kepuasan berwisata lainnya dapat dilakukan dengan cara berperahu yang siap menemani para pengunjung ke laut. Ongkos naik perahu hanya lima rupiah per orang, dimana kapasitas maksimal perahu adalah sepuluh orang.


Bagi penikmat hasil laut dapat membeli ikan segar dati nelayan yang baru pulang dari melaut. Jenis ikannya sangat beragam, antara lain ikan kakap, tuna, layur dan lainnya. Atau pun bisa juga membelinya di pasar ikan tidak jauh dari pantai. Wisatawan akan merasakan sensasi tersendiri ikan bakar khas Tambakrejo dengan ditemani hawa sejuk dan nyiur angin. Wisatawan juga seolah dimanjakan oleh sejuknya udara pagi karena lokasi pantai yang dikelilingi hutan karet. Fasilitas umum juga disediakan di pantai Tambakrejo ini mulai tempat parkir kendaraan, tempat ibadah dan air bersih. Sayangnya masih belum ada penginapan bagi yang ingin bermalam.
Larung Sesaji
Kegiatan tahunan yang di miliki pantai ini adalah setiap bulan Suro, tepatnya 1 Sura (1 Muharam) warga desa setempat melakukan larung sesaji sebagai tanda syukur kepada Tuhan atas rezeki dan keselamatan yang di terima para nelayan desa setempat, memahan agar desa tersebut di jauhkan dari mara bahaya. Pada saat larung sesaji pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru daerah bahkan tidak sedikit yang dating dari luar kota, jumlahnya pun bisa mencapai ribuan orang.
Rute perjalanan dari kota Blitar menuju pantai Tambakrejo adalah menggunakan angkutan umum (angkutan pedesaan). Dari terminal bus kota Blitar naik angkutan pedesaan dengan tujuan Gawang (pantai Tambakrejo). Perjalanan kurang lebih memakan waktu 1-2 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar