Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

GUNUNG KEMUKUS SRAGEN JATENG

Gunung Kemukus secara administratif terletak di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Terletak di sebelah utara Kabupaten Sragen. Berjarak sekitar 34 km dari ibu kota Kabupaten Sragen dan 29 km dari Surakarta.[1] Dari kota Sragen dapat ditempuh selama ± 45 menit dengan kendaraan bermotor melewati jalan Sragen Sragen – Pungkruk (Sidoharjo) – Tanon – Sumberlawang/Gemolong – Gunung Kemukus. Dari kota Surakarta dapat menggunakan kendaraan bermotor selama ± 30 menit, melewati jalan Surakarta-Purwodadi turun di Barong kemudian menuju Gunung Kemukus dengan menggunakan fasilitas ojek[2] yang telah tersedia dengan biaya sekitar Rp 10.000,00.   
Desa Pendem memiliki luas 347,1895 ha[3] (luas Gunung Kemukus ± 10 ha). Terdiri dari tanah kas desa (sawah dan tegal), tanah kuburan, tanah bengkok (sawah), tanah bangunan umum, tanah sawah, tanah pekarangan, dan tanah tegalan. Batas wilayah Desa Pendem adalah sebagai berikut:
-   Sebelah utara dibatasi oleh Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang
-   Sebelah timur dibatasi oleh Desa Hadiluwih, Kecamatan Sumberlawang
-   Sebelah barat dibatasi oleh Desa Gilirejo, Kecamatan Miri
-   Sebelah selatan dibatasi oleh Desa Soka, Kecamatan Miri.
Desa Pendem dibagi menjadi empat Kebayanan (Kepala Dusun) yaitu Barong, Pendem, Bulurejo, dan Ngabeyan. Terdapat 35 Rukun tetangga (RT) dan 9 Rukun Warga (RW) yang masing-masing dipimpin oleh satu Ketua RT dan Ketua RW. Aparat Desa Pendem berjumlah 13 orang yang terdiri dari: Kepala Desa (1 orang), Sekretaris Desa (1 orang), Kepala Dusun (4 orang), Kepala Urusan (5 orang), Pembantu Kepala Urusan (1 orang), dan PPN (1 orang).[4]  
Wilayah Gunung Kemukus sendiri terletak di Kebayanan Barong. Dibagi menjadi lima Rukun Tetangga (RT) [5], yakni RT 02, RT 32, RT 33, RT 34, dan RT 35. Berikut daftar nama Ketua RT tahun 1998/1999:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar