Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

CITY WALK SOLO JATENG

City Walk merupakan salah satu ruang publik bebas bagi warga kota berada. Sebuah Pedestrian yang tentu hanya boleh dilewati bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Setiap orang berhak untuk menikmatinya dengan gratis. Apalagi City walk dapat digunakan sebagai tempat hiburan dan melepas stress dari berbagai aktivitas hidup. City walk memiliki peranan besar bagi manusia sebagai mahkluk sosial. Di jalan, masyarakat  dapat  untuk melihat manusia lain dalam berinteraksi.
City walk Solo terletak di koridor sebelah kanan sepanjang jalan Slamet Riyadi. Mulai dari  Purwosari sampai  Benteng Vastenburg dan pasar Gede. Kawasan Slamet Riyadi adalah salah satu aset yang dibanggakan oleh masyarakat Solo. Kawasan tersebut merupakan suatu kawasan yang memiliki unsur budaya yang melekat pada jati diri kota Solo karena banyak warisan bangunan yang bernilai sejarah. kawasan Loji Gandrung,  Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Kuno Danarhadi, Kawasan Ngarsopuran Mangkunegaran, Kampung batik Kauman , Gladhag, Alun-Alun Utara, Masjid Agung Solo, kawasan keraton Kasunanan, benteng Vastenburg. Tidak hanya bangunan bersejarah. Area pertokoan dan pusat belanja juga banyak terdapat di Slamet Riyadi. Solo Grand Mall , Pusat Grosir Solo dll.
City Walk Solo merupakan tempat yang bagus untuk jalan-jalan dan menikmati keindahan kota Solo. Banyak fasilitas yang disediakan untuk memanjakan para pejalan kaki. Taman-taman kota menghiasi sepanjang City Walk . Ada tempat duduk yang disediakan bagi yang ingin sekedar melepas lelah karena jalan kaki atau ingin duduk sambil menikmati indahnya kota Solo. Bagi yang punya laptop bisa juga merasakan koneksi internet melalui titik-titikhotspot sepanjang City Walk . Namun yang paling seru adalah di samping City Walk terdapat jalur kereta uap wisata Solo dengan nama “Sepur Klutuk Jaladara”. Tentunya menjadikan suasana menjadi istimewa.
City Walk sendiri adalah sebuah sebuah public space , ruang milik bersama bagi penghuni kota Solo untuk beraktivitas, bersantai maupun bersosialisasi yang dilandasi pemikiran untuk mengangkat potensi Solo yang ada. City Walk berada di sisi selatan jalan protokol utama yaitu jalan Slamet Riyadi, yang sebelumnya merupakan jalur lambat untuk kendaraan yang sekarang telah berubah menjadi pedestrian panjang untuk pejalan kaki.
Jalur wisata City Walk dimulai dari Stasiun Purwosari berujung di kawasan Benteng Vastenburg dan Pasar Gede, dipenuhi bangunan-bangunan heritage yang beberapa masih tegak berdiri. Dijalur ini dapat dijumpai pusat perbelanjaan modern, kawasan konservasi Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Kuno Danarhadi, Kawasan Ngarsopuran Mangkunegaran, Kampung Kauman (salah satu kampung wisata batik di Solo yang juga menawarkan wisata suasana religius Islam yang kental), Gladhag, Alun-Alun Utara, Masjid Agung Solo, kawasan Keraton Kasunanan, Benteng Vastenburg, yang kemudian dapat dilanjutkan ke pasar tradisional Pasar Gede.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar