Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

NEW SELO BOYOLALI JATENG


Karena lokasinya tidak begitu jauh dari rumah, maka untuk mengisi waktu liburan ini, saya jalan-jalan ke daerah Boyolali, Jawa Tengah. Rencana semula adalah Ketep, tapi malah nyasar ke New Selo di kaki gunung Merapi.

Jika berangkat pagi dan tidak macet, bisa ditempuh sekitar satu jam dari kota Solo. Melalui rute menuju candi borobudur yang melewati lereng gunung merapi, New Selo terletak di sebelah kanan. Terlihat dari tulisan “NEW SELO” yang sangat jelas (a la tulisan Hollywood) ketika kita berada di antara gunung Merapi dan Merbabu.
New Selo merupakan titik tertinggi di daerah Boyolali yang masih bisa dijangkau oleh kendaraan seperti mobil dan motor. Sebenarnya saya kurang tahu apa fungsi lokasi ini, tapi sepertinya New Selo lebih difungsikan sebagai pos istirahat (atau tempat parkir kendaraan?) bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki puncak Merapi. Di sini juga terdapat warung, pos untuk melihat puncak Merbabu dan Merapi.
Jika cuaca cerah dan tidak berkabut, dari sini kita bisa melihat puncak Merbabu dan Merapi dengan sangat jelas. Karena di lokasi ini ada semacam pos untuk memantau gunung Merbabu. Juga dua landscape, di timur ada kota Solo, dan di barat ada Magelang. Jika turun ke barat, maka kita bisa menemui objek wisata lain yaitu daerah Ketep, bahkan lebih jauh lagi Borobudur. Jika ke timur, sampai Boyolali, dan kota budaya Solo. Selain itu, lokasi ini tepat untuk photo pre-wedding. Di pinggiran jalan, sepanjang perjalanan menelusuri lereng merapi anda juga bisa melihat banyak bunga mekar.
Sedikit tips jika ingin ke lokasi ini, yaitu berangkat pada musim panas (antara Mei dan Juni) dimana cuaca relatif cerah dan tidak berkabut. Dari perbatasan Solo-Boyolali, kita bisa langsung melihat apakah puncak Merapi berawan alias berkabut atau tidak. Dan cobalah berangkat pada pagi hari, selain untuk menghindari kabut, juga sinar matahari belum terlalu terik, sehingga bagi anda pecinta fotografi pencahayaan pagi hari di lokasi ini sudah sangat pas.
Gunung Merbabu dilihat dari New Selo
Sayangnya, New Selo masih belum bisa dijadikan tempat berlibur utama keluarga, karena pada dasarnya yang ditawarkan adalah tempat yang tenang dengan pemandangan indah, dan udara sejuk. Belum ada hal yang bisa digunakan untuk “bermain” anak-anak. Dan tidak ada tempat yang “berair”. Tempat untuk “mengisi perut” juga masih tidak terlalu banyak pilihan di lokasi ini. Tapi kalau hanya untuk sekadar pacaran sih boleh juga. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar