Pages

Senin, 29 Juli 2013

PANTAI PULAU SEMPU MALANG JATIM

Pulau mungil ini bernama Pulau Sempu. Letaknya di sebelah selatan Kota Malang, Jawa Timur, dan masih berada dalam wilayah Kabupaten Malang. Pulau seluas sekitar 877 hektar ini merupakan kawasan konservasi cagar alam yang dilindungi pemerintah. Tak hanya kamera yang wajib Travelers persiapkan saat hendak berkunjung ke pulau cantik ini, tapi sangat penting juga untuk memperbanyak bekal air minum, karena di Sempu nyaris tidak ditemukan sumber air payau.
Sempu sebenarnya bukan pulau wisata, melainkan untuk observasi. Makanya perlu semacam surat izin terlebih dahulu, terlebih jika Travelers bermaksud untuk menginap dengan menggelar tenda. Ongkos perizinan berkisar Rp 25.000 hingga Rp 50.000, tergantung berapa hari rencana di sana.
Sempu berkonsep Laguna, atau yang lebih dikenal dengan Segara Anakan. Berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, timur dan barat, menjadikan tempat ini menjadi tujuan favorit, meski aksesnya cukup menantang.
 Travelers bisa menempuhnya dari Kota Malang, menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah perizinan beres, Travelers bisa menyeberang dengan menyewa perahu nelayan (muat sekitar 10 penumpang), ongkosnya Rp 100.000, antar-jemput.
Perlu stamina ekstra untuk menuju ke Laguna. Travelers harus menelusuri rimbunnya hutan hujan tropis yang berlumpur dan bukit yang  terjal dan curam sepanjang sekitar 2,5 Km. Beragam “penghuni” seperti babi hutan, kijang, kera ekor panjang, dan kancil, bisa Travelers jumpai di sini.
Lelah? Semua akan terbayar lunas setelah Travelers tiba di Laguna. Keindahan “kolam alami” seluas sekitar 4 hektar ini sungguh menakjubkan. Travelers bisa menikmati hamparan pantai berpasir putih yang dikelilingi bukit karang yang kokoh. Airnya tampak jernih kehijauan. Mau foto-fotoan, berenang, atau mendirikan tenda untuk beristirahat? Bebas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar