Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

KEBUN TEH KEMUNING KARANGANYAR SOLO JATENG

Lereng Gunung Lawu menyediakan berbagai obyek wisata menarik. Salah satunya, Kemuning. Perkebunan teh yang terdapat di Kabupaten Karanganyar ini merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. Pesona alam pegunungannya masih asri. Iklimnya juga sejuk, dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius.

Secara geografis, Kemuning berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Surakarta. Bisa dicapai dengan mudah dengan berbagai jenis kendaraan bermotor. Lokasi tepat perkebunan ini ada di 11,10-11,250 BT dan 7,40-7,60 LS. Ketinggian tempatnya bervariasi antara 800 hingga 1.540 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Kemuning berada di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho. Tanahnya sangat subur karena jenis tanahnya didominasi andosol. Sekitar 40 persen sisanya berjenis latosol. Bagi yang jenuh dengan suasana kota, Kemuning bisa dipilih menjadi tujuan wisata. Jauh dari kesan pengap, panas dan sumpek. Sebab, kelembaban berkisar 60-80 persen. Sedangkan intensitas penyinaran matahari hanya 40-55 persen.

Hamparan hijau perkebunan teh nan subur ini sedap dipandang. Lebih dari cukup mengobati pemandangan kota yang macet. Di Kemuning, kita bisa menikmati pesiar dalam bentuk tea walk alias menjelajahi perkebunan teh. Tak hanya pemandangan hamparan the. Puluhan perempuan bercaping dengan tenggok di punggung menjadi bumbu lain yang sedap dilihat. Mereka bekerja dengan penuh kesabaran dan ketelitian. 

Saat matahari baru saja merekah, aktivitas para pemetik daun teh ini sudah dimulai. Eksotis, karena jarang bisa dijumpai di obyek wisata pada umumnya. Rencananya kawasan wisata Kebun Teh Kemuning juga bakal dilengkapi gardu pandang. Dengan begitu, wisatawan lebih mudah melihat hamparan teh. Pemkab Karanganyar juga akan melengkapi Desa Kemuning dengan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap. Ini bukti, Kemuning tak semata jadi produsen daun teh. Tetapi juga sebuah lokawisata yang mengasyikkan dan punya fasilitas signifi kan.

Untuk menuju tempat tersebut, tidak sulit. Kita bisa memakai angkutan umum dengan rute Karangpandan, Ngargoyoso, dan Jenawi. Kalau berkendaraan pribadi, kita juga bakal lempang-lempang saja menyetir. Pasalnya, Pemkab Ka ranganyar telah memperbaiki jalan raya sepanjang enam kilometer yang menghubungkan Candi Sukuh dan Candi Cetho melalui Kemuning.

Perkebunan teh Kemuning ini sangat pas menjadi tempat wisata keluarga. Selain tempatnya yang sejuk dan panorama yang indah, obyek wisata yang satu ini sangat pas untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari sekaligus penghilang stres. Untuk berfoto-foto ria, juga sangat cocok. Kehidupan masyarakat Kemuning menjadi fenomena lain. Mereka sangat ramah dan terbuka terhadap para wisatawan yang ingin bergabung dan bertanya tentang perkebunan teh. Mau bertanya tentang kehidupan pribadi para pemetik teh ini tak dilarang. Karena lokasinya menyediakan beragam pilihan pemandangan.
Banyak tempat masih natural. Penduduk setempat, dalam waktu-waktu tertentu sering menggelar upacara adat. Jika beruntung, wisatawan dapat menikmati prosesi upacara tersebut

Yang terdapat di sini yaitu adanya resto, Tracking, bersepeda, paralayang, terjun paying, camping dan sebagainya. Sehingga rasanya kita bisa melakukan aktivitas outbond sepuasnya. Agro Wisata Kemuning dikelola oleh perkebunan teh Kemuning. memang wisata ini banyak untuk dikhususkan anak-anak. bisa terlihat pada tempat uotbond yang digunakan untuk anak-anak. seperti lapangan futsal, lapangan basket, arena bermain, mini golf. untuk dewasa ada juga ATV yang disewakan untuk pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar