Pages

Rabu, 31 Juli 2013

BANYUMELEK LOMBOK

Jika Anda memutuskan untuk tidak menyisihkan dana untuk membeli cendera mata saat berkunjung ke Lombok, Anda salah besar. Di sini Anda akan menemukan benda-benda kerajinan yang bisa menjadi koleksi Anda atau menjadi tanda mata bagi orang-orang terkasih. Atau jika Anda pecinta kuliner, Anda bisa memesan ayam taliwang, membeli madu atau manisan rumput laut yang asam manis.
Cendera Mata Khas Lombok
Banyak kerajinan yang dapat dijadikan cedera mata khas Lombok, ketika berkunjung ke Lombok. Kerajinan yang bisa diborong di Lombok mulai dari gantungan kunci, aneka kaus, kain tradisional, aneka guci, kendi, hiasan dinding, hingga kalung mutiara.
Aneka cendera mata ini bisa diperoleh di pusat suvenir di tengah kota atau dibandara Selaparang. Namun jika ingin puas Anda bisa membelinya langsung di pusat kerajinan. Kain tenun, kerajinan gerabah, madu, dan manisan rumput lain mudah ditemui di Lombok Tengah.
Desa Sukarara adalah penghasil kain tenun khas Lombok. Harganya beragam dengan kualitas sedang hingga kualitas ekspor. Harga yang lebih murah dengan kualitas sedang bisa didapatkan di dusun tradisional Sade. Kepiawaian Anda menawar diperlukan di sini.
Beralih ke kerajinan keramik, di desa Banyumulek wisatawan akan disuguhi pemandangan aneka jenis keramik yang tertata indah. Ada kendi, tempayan, guci, tutup gelas, dan hiasan dinding. Warna hijau pada gucinya unik, demikian juga hiasan kulit telur yang menghiasi beberapa guci.
Tidak jauh dari  Banyumulek, wisatawan akan menjumpai pusat kudapan seperti manisan rumput laut dengan beraneka rasa. Di tempat yang sama pengunjung bisa membeli madu dan susu kuda liar. Susu ini diyakini menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak sedikit yang membelinya untuk sanak saudara yang menderita penyakit.
Wisata belanja Anda tidak akan berhenti di pusat kudapan. Oleh-oleh yang murah meriah seperti kaus dan gantungan kunci dapat dibagikan ke teman-teman atau untuk koleksi pribadi. Harga kaos termasuk murah.
Dengan Rp 20 ribu wisatawan bisa membungkus satu helai kaos dengan kualitas sedang. Motifnya beragam, namun yang laris umumnya tulisan dan gambar tentang berbagai tempat wisata di Lombok, serta motif cicak.
Mutiara Lombok
Kepuasan belanja Anda tidak akan maksimal tanpa berkunjung ke pusat kerajinan mutiara. Mutiara Lombok terkenal hingga ke mancanegara.
Uniknya mutiara boncel atau yang permukaannya tidak halus malah nilainya lebih tinggi daripada mutiara yang permukaannya halus. Mutiara alam juga harganya sangat mahal dibandingkan mutiara suntik. Mutiara ini bisa dibeli per butir atau yang telah dijalin indah dalam bentuk gelang atau kalung. Oleh-oleh yang akan disambut hangat oleh para kaum hawa.


Pulau Lombok terdapat beberapa tempat untuk wisata belanjan bagi para wisatawan baik Domestik maupun Mancanegara, dengan menjamurnya industri kerajinan di beberapa tempat di Pulau Lombok menjadikanya sebagai tempat berbelanja yang sangat menyenangkan.
Tempat tempat berbelanja di Pulau Lombok yang bersifat tradisional maupun yang modern, semua menawarkan aneka jenis dan bentuk barang yang memikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar