Pages

Kamis, 25 Juli 2013

CANDI ANGIN JEPARA JATENG

Indonesia kaya akan tempat bersejarah. Bangsa kita kaya akan suku dan budaya sehingga banyak sekali peninggalan budaya yang ditinggalkan dan masih bisa kita lihat sampai saat ini. Banyaknya tempat wisata yang ada di Indonesia tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi orang yang tinggal di dekat tempat wisata. Mereka bisa meningkatkan taraf hidup dengan menjual berbagai cindera mata atau makanan khas daerah sana. Tempat wisata lalu menjadi sumber mata pencaharian mereka sehari-hari.
Jenis Wisata dan Lokasinya
Ketika kita berbicara tentang tempat wisata dan berlibur, kita bisa membedakan tipe atau jenis liburan menurut tempatnya seperti berikut:
Pertama, Anda bisa berwisata alam dengan mengunjungi bukit-bukit, gunung, laut, pantai dan tempat-tempat wisata alami lainnya.
Kedua, tempat wisata agama bisa menjadi alternatif  wisata yang baik untuk Anda. Anda bisa datang ke beberapa makam atau tempat ziarah lainnya.
Ketiga, Anda bisa berwisata sejarah. Ada banyak candi yang bisa Anda datangi. Salah satu candi yang bisa Anda datangi adalah Candi Angin.
Lokasi Candi Angin
Candi Angin adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Desa Tempur, Kabupaten Jepara. Candi Angin ini memang belum jelas asal usulnya. Jarak dari pusat kota adalah 50 km. Anda bisa menikmati perjalanan karena pemandangan sangat indah dan hawa yang sangat sejuk. Candi ini sangat berkaitan erat dengan sejarah kerajaan Jepara. Mengapa Candi ini disebut sebagai Candi Angin? Candi ini disebut Candi Angin karena dianggap tidak akan roboh ketika terkena angin.  Menurut banyak ahli, Candi ini lebih tua ketimbang Candi Borobudur. Candi ini kemudian dipercaya sebagai peninggalan jaman Kerajaan Kalingga. Ada juga ahli yang mengatakan bahwa Candi ini dibuat oleh manusia purba karena tidak terdapat banyak ornamen agama Hindu dan Budha pada Candi ini.

Candi Angin di Jepara ini belum banyak dikunjungi dan terkesan tidak dirawat dengan baik. Seharusnya pemerintah setempat mulai merawat dan memberikan fasilitas agar banyak turis, baik dalam negeri dan luar negeri, yang mau berkunjung kesana. Ilmuwan juga banyak yang meneliti Candi ini untuk mengetahui sejarah dan asal usul Candi ini. Pemerintah berencana untuk mengembangkan daerah ini dan memberikan beberapa fasilitas seperti homestay, kolam pancing, kolam renang dan beberapa restoran.
Anda juga bisa menikmati sungai berbatu dengan sungai yang sangat jernih dan alam pegunungan yang sangat asri dan sejuk. Anda bisa datang ke tempat ini beberapa waktu ke depan sembari menunggu realisasi dari Pemerintah. Berkunjung ke beberapa candi juga akan menambah khasanah pengetahuan Anda tentang sejarah Indonesia. Anda juga bisa membandingkan beberapa Candi yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang ingin meneliti tentang Candi ini, Anda juga bisa langsung datang ke tempat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar