Pages

Jumat, 26 Juli 2013

JURUG CIPENDOG BANYUMAS JATENG

situasi mesra terlihat tampak dari atas bukit, hawa yang sejuk makin menghangatkan situasi di area perkebunan palawi, tampak sepasang kekasih tengah memadu asmara di lebih kurang air terjun. mereka terlihat asik bermain air di bawah curug, canda tawa selalu menyertainya. cipratan air seolah jadi penyemangat mereka berdua. bersyukur atas ciptaan alloh jadi tema utama mereka saat mengkaji ayat yang terbentang di alam raya. di curug cipendoklah mereka ada untuk memadu kasih.
curug cipendok wisata banyumas
curug cipendok teretak di desa karangtengah kecamatan cilongok kabupaten banyumas. adalah batas paling akhir sebelum saat memasuki lokasi rimba gunung slamet. sebelah selatan berbatasan dengan desa sambirata serta sokawera serta sebelah barat karangtengah yaitu desa tumiyang serta glempang. curug cipendok adalah curug paling tinggi di kabupaten banyumas serta jadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal ataupun luar tempat terutama beberapa remaja, destinasi utama wisata alam di kabupaten banyumas

lokasi & fasilitas transportasi
curug cipendok wisata banyumasuntuk menuju lokasi curug cipendok tidaklah sukar, tetapi anda juga butuh ekstra hati-hati. dari kota purwokerto ( museum bri purwokerto ) lebih kurang 25 km menuju arah barat serta dari lokasi wana wisata baturraden berjarak lebih kurang 38 km. namun dari arah ajibarang lebih kurang 15 km ke arah timur. adapun untuk transportasi dapat di lewati dengan kendaraan roda 4 baik mobil pribadi, angkot maupun bak terbuka dan bisa di periodeu menggunakan sepeda motor.

dari terminal purwokerto dapat menggunakan bis arah ajibarang, serta turun di terminal kalisari cilongok, serta meneruskan dengan angkutan perdesaan yang segera dapat menuju ke lokasi curug cipendok. untuk yang menggunakan mobil pribadi atau motor justru lebih mudah. tak hanya banyak alternatif jalur juga didukung inftastruktur yang cukup. dengan umum dari kalisari cilongok menuju ke arah utara terus hingga ujung jalur maka anda dapat hingga di lokasi curug yang amat menakjubkan. untuk yang dari arah barat juga dapat melalui jalur alternatif legok pekuncen melewati desa tumiyang.

situasi gerbang wisata
memasuki lokasi cipendok anda dapat rasakan petualangan yang mengasyikan, dimulai dari jalur yang cukup menanjak ke lokasi s/d dibawa panorama yang amat indah serta sejuk. janganlah cemas dengan tanjakannya… tetap tergolong normal kok. yang mutlak jangan sempat kehabisan bahan bakar waktu di tanjakan. hehe.. yang tentu jika inftastruktur jalur termasuknya tetap bagus serta lancar loch.

sebelum saat memasuki gerbang wisata, anda dapat lihat indahnya sawah serta perbukitan. ada yang di tanami dengan rumput untuk makan sapi perah, ditanami cabe, hingga ditanami bermacam sayuran khas di tempat perbukitan. memasuki gerbang anda dapat rasakan kesejukan yang alami, disambut dengan senyuman petugas penjual loket. oh iya untuk tiket masuknya tergolong murah loch… dapat tidak sama pada hari biasa serta hari libur. yang tentu ndak buat kantong bolong lach.. hehe…

sesudah anda beli tiket serta memasuki arena lokasi perkebunan punya pt. nusantara ix maka anda betul-betul dibawa situasi yang amat sejuk serta indah. disamping jalur tampak pohon-pohon yang rindang serta kokoh, kadang-kadang di sekelilingnya tampak tanaman bunga yang makin mempercantik situasi di sepangjang jalur menuju lokasi curug. dari pintu gerbang wisata anda dapat dimanjakan dengan panorama yang sejuk lebih kurang 1, 5 km menuju area parkir. disini tidak segera ke lokasi curug, tetapi disinilah daya tarik yang bikin petualangan anda dapat amat menarik.

kendaraan di parkir, dengan dibantu petugas yang siap siaga menolong anda melindungi keamanan lokasi parkir, ya ndak mahal juga tarif parkirnya terhitung tetap lumrah di arena wisata. sesudah anda betul-betul meyakini serta mempersiapkan barang-barang bawaan anda baik itu minuman maupun camilan, bisa juga bawa makanan yang berat, tetapi janganlah cemas diasana juga ada warungnya loch.

dari parkiran anda mempunyai 2 pilihan jalur, akan naik dulu melewati tanjakan, jalur ini biasa dipakai sebagai awal petualangan atau akan melalui jalur bawah yakni menelusuri sungai. seluruh sama asyiknya loochh… owkeh namun saat ini kita berpetualang melalui atas saja yuk, entar pulangnya melalui bawah. hehe… yuk jalur sembari nikmati segarnya hawa pegunungan serta indahnya ciptaan tuhan yang terbentang di alam. anda perlu waktu lebih kurang 15 menit untuk hingga ke lokasi dengan jalan enjoy.

indahnya cipendok cilongok wisata banyumas

waw… indah banget curugnya. merasa dingin walau tetap diatas tempat lebih kurang warung. asyik… seger banget yuk turun ajah agar lebih merasa segernya. owh iya sahabat, curug cipendok ini tingginya lebih kurang 100 mtr. loch… bila musim kemarau airnya terus mengalir serta cukup bening, tetapi bila masuk di musim hujan airnya itu amat besar serta asyik. pada saat tetap didalam batas lumrah kita bisa kok bermain-main di sungai atau mandi di kedungnya. tetapi bila hujan turun tim sar tentu dapat memberi tahu anda agar segera melacak posisi yang aman untuk menjauh dari curug cipendok.

hunting photo cipendok
curug cipendok dapat tampak lebih indah bila situasi cukup cerah, tidak didalam kemarau yang panjang atau musim penghujan. buat anda yang hoby photo-photo ini jadi area yang amat di rekomendasikan. dapat semakin bagus jepretannya bila didalam situasi cerahnya matahari. lebih kurang jam 10. 00 – 14. 00 wib dapat jadi alternatif waktu anda untuk hunting foto di curug cipendok cilongok kab. banyumas.



usai nikmati indahnya air terjun serta senang bermain air anda dapat nikmati kopi hangat racikan asli cilongok serta nikmati jajanan tempat banyumas. untuk yang tetap mempunyai banyak waktu jangan sempat terlewat untuk coba beragam sarana yang ada di arena outbond curug cipendok. ada flying fox, jaring lab-laba, arena anak-anak, taman bermain, serta beragam lapak yang menarik.

ow iya sahabat, di cipendok juga ada acara teratur setiap tahunan yang disebut pertunjukan seni, kembali kenang cerita asmara raden sentanu di cipendok, serta beragam tampilan kesenian asli tempat dan event melukis berbarengan yang dikerjakan pada bln. muharam atau bln. sura. aktivitas itu lebih dikenal dengan grebeg suran. beragam aktifis seniman, budaya, pelukis, wisata, teater mereka berpadu didalam acara grebeg suran. selamat berwisata serta dapatkan kembali motivasi didalam dirimu sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar