Pages

Jumat, 26 Juli 2013

BUMI PERKEMAHAN BATURADEN BANYUMAS JATENG

Bumi Perkemahan Baturaden – Menikmati Pesona Hutan Dengan Udaranya Yang Sejuk, Banyumas – Jawa Tengah
Apakah anda seorang petualang dan sedang berlibur di Purwokerto bersama keluarga atau teman? Nah, kalau anda sedang berkunjung ke sana, sangat disarankan untuk mampir ke Wana Wisata Baturaden yang dilengkapi dengan bumi perkemahannya. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan hawa yang sejuk berasal dari Gunung Slamet. Tempat ini dikembangkan oleh Perum Perhutani yang berada di Baturaden.
Pemandangan yang tersaji di sana pun sangat menakjubkan sehingga bisa membuat mata anda pun tidak bosan memandanginya. Kawasan wisata ini berada sekitar 670 meter di atas permukaan laut dan karena keadaan inilah kenapa hawa dingin langsung menyelimuti tempat itu disaat malam mulai menjelang. Suhunya bisa langsung turun drastis dan pakaian tambahan seperti jaket, kaos tangan dan kaos kaki pun menjadi perlengkapan ekstra yang harus anda kenakan saat berkunjung ke Bumi Perkemahan Baturaden.
Ingin tahu lokasinya? Bumi Perkemahan Baturaden ini terletak di kawasan wisata Baturaden atau berjarak sekitar 14 km ke arah utara dari kota Purwokerto, atau lebih pas berada di sebelah selatan Gunung Slamet. Akses menuju ke tempat ini juga tergolong mudah karena anda dapat mengendarai kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, serta angkutan umum yang beroperasi pada pukul 06.00 – 17.00 WIB dengan biaya Rp2.500* per orang. Angkutan kota ini nantinya akan ‘mangkal’ di Terminal Baturaden yang lokasinya tepat berada di Lokawisata Baturaden. Biaya tiket masuk untuk masuk ke kawasan ini adalah Rp5.000* per orang.
Wana Wisata Baturaden ini memang sangat cocok bagi para petualang yang gemar mengeksplorasi alam untuk lebih dekat kepadanya. Disana, anda akan menyaksikan hamparan hutan nan hijau dan luas. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat keakraban bagi para mahasiswa pada awal tahun ajaran baru dan juga kegiatan kepramukaan di daerah Purwokerto. Bukan hanya itu, Bumi Perkemahan Baturaden juga pernah digunakan untuk Jambore Nasional pada tahun 2001.
Luas Wana Wisata yang mencapai 69,3 hektar menjadikan para pengunjung mempunyai banyak area yang perlu diambah. Sedangkan areal perkemahan yang ada luasnya mencapai 30 hektar dan mampu menampung tenda sebanyak 1.000 buah. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti MCK, air bersih, tempat olah raga tenis, jalan setapak yang dapat digunakan untuk jalan santai, wiswa berkapasitas 11 kamar tidur, gedung pertemuan Kerti Wana berdaya tampung 500 orang, serta peralatan perkemahan yang dapat anda sewa bila ingin menginap lebih lama. Lokasinya yang dekat dengan lokawisata Baturaden karena dapat ditempuh selama 10 menit juga menjadi bonus bagi para pengunjung.
Bagi anda yang senang jalan-jalan, anda pun ditantang saat berkunjung ke Wana Wisata Baturaden karena disana terdapat tiga jalur jungle track dengan jarak yang berbeda-beda. Jalur Rasamala berjarak 2 km, Jalur Damar berjarak 3 km, dan Jalur Palawi berjarak 6 km.
Semua jungle track ini didesain secara khusus dengan tema “Back to Nature” sehingga para petualang dapat menikmati sisi lain dari hutan yang berada di kawasan Baturaden. Jalur yang dibuat ini juga menjadi favorit para pengunjung yang datang bersama teman-teman atau rombongan kantor. Bukan hanya itu, lokasinya juga cocok digunakan untuk kumpul-kumpul keluarga.
Anda juga tidak akan sendirian dalam melakukan aktifitas di jungle track karena ada pemandu yang akan membawa anda berkeliling hutan. Jumlah pengunjung minimal yang dapat melakukan jungle track ini adalah 15 orang dan disana nanti, petugas Wana Wisata akan menunjukan kepada anda berbagai macam koleksi flora dan fauna yang tumbuh dan hidup disana.
Bukan hanya itu, petualangan anda pun akan semakin lengkap dengan penyelusuran semak belukar dan sungai kecil yang terdapat di Wana Wisata Baturaden. Aroma pohon pinus dan damar juga akan menemani anda di sepanjang perjalanan. Nah, kalau anda sedang beruntung, anda pun bisa melihat elang Jawa dan monyet atau lutung sebagai hewan penghuni kawasan hutan Baturaden.
Ada tawaran asyik yang sayang dilewatkan saat anda berkeliling hutan karena nantinya, anda akan disuguhi makanan dan minuman khas pedesaan yang disajikan dari batok kelapa. Menunya mungkin sederhana saja, namun itulah kenikmatan yang bisa anda rasakan saat berpetualang ke kawasan hutan Baturaden karena rasanya bisa menjadi luar biasa.
Selama dalam perjalanan, anda juga berkesempatan untuk mendapat penjelasan tentang pengelolahan pohon damar yang dapat ditanam secara berkesinambungan dan lestari. Anda jangan heran karena Wana Wisata Baturaden ini termasuk kawasan cagar alam yang mengkhususkan tanaman pinus dan damar mulai dari pembibitan, persemaian, dan penanaman pohon dari berbagai umur, tebangan dan sadapan yang ditata dengan rapi.
Dan karena kawasan wisata Baturaden ini sering dijadikan tempat favorit keluarga, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, maka disana pun banyak ditemui penginapan dan vila. Tarif yang harus anda bayar saat menginap di Wiswa adalah Rp150.000* – 250.000* per kamar. Jadi, kalau anda belum puas mengeksplorasi alamnya, esok hari anda masih bisa berkeliling sambil menikmati udara pagi yang dingin khas pegunungan.
Tempat ini akan semakin ramai disaat akhir pekan atau liburan panjang karena banyak keluarga yang ingin melewatkan waktu untuk kembali bersahabat dengan alam dan mengekplorasinya. Anda tertarik berkemah? Datang saja ke Bumi Perkemahan Baturaden saat anda berkunjung ke Purwokerto. Selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar