Pages

Kamis, 25 Juli 2013

REST AREA KLEDUNG PASS TEMANGGUNG JATENG


Kledung Pass – Melakukan perjalanan dari Arah Jogjakarta atau Semarang menuju Wonosobo – Dieng, rasanya belum mantap apabila tidak menyempatkan untuk singgah di Kledung Pass. Karena di lokasi ini sangat strategis untuk menghabiskan lelah. Selain udaranya yang sejuk, alam nan asri berupa dua gugusan Gunung hijau Sindoro-Sumbing mampu memanjakan mata.
Yup, Kledung Pass merupakan pintu masuk menuju Wonosobo dari arah timur. Secara administrasi berada di Perbatasan Kabupaten Wonosobo – Temanggung. Bagi yang melakukan perjalanan dari Jogjakarta atau Semarang menuju Wonosobo maupun Purwokerto akan melewati jalur ini. jarak tempuhnya sekitar tiga jam dari arah Semarang maupun Jogjakarta. Sehingga lokasi ini sangat tepat digunakan untuk melepas lelah rest area (lokasi istirahat).

Lokasi ini berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut (dpl). Sehingga mempunyai hawa yang sejuk dan dingin. Pada sisi timur mata kita akan menjumpai dua gugusan gunung hijau yakni Sindoro –Sumbing. Berdiri di lokasi ini kita seperti diapit dua gunung besar. Karena memang Kledung Pass berada ditengah kedua gunung itu dengan pemandangan hamparan hijau lahan petani yang eksotis. Nikmat lagi, sambil menuang secangkir kopi panas, lelah perjalanan seolah lepas.
Sedangkan dari arah barat, dari Puwokerto misalnya, jarak tempuh menuju lokasi ini membutuhkan perjalanan sekitar 3 jam. Untuk dari Wonosobo paling lama satu jam. Sepanjang perjalanan kita akan mendapati jalan tanjakan dan menikung. Namun jangan khawatir, karena sepanjang perjalanan mata akan tetap termanjakan melihat hampara hijau kebun teh serta lahan petani.
Selain sebagai lokasi untuk istirahat ditengah melakukan perjalanan. Kledung Pass sangat tepat menjadi pilihan wisatawan untuk bermalam. Di lokasi ini sudah berdiri lama hotel Kledung Pass. Lokasinya sangat strategis berada ditepi jalan raya. pemandangan dari kamar juga sangat menawan, karena ketika melihat ke arah timur bisa melihat gunung Sindoro- Sumbing. Nikmatnya lagi lokasi ini asri bersuhu dingin. Sehingga bagi para wisatawan yang sudah jenuh dengan udara panas dan berpolusi di kota besar, Kledung Pass bisa menjadi pilihan berwisata. Jangan lupa membawa jaket, sarung tangan serta syal sebagai persiapan menghadapi udara dingin.
Bagi yang memilih bermalam di Kledung Pass, mata akan termanjakan sepanjang hari. Kala bangun pagi, pemandangan elok akan tampak dari sisi timur, matahari dengan cahaya keemasan akan muncul diantara Sindoro –Sumbing. Dibawahnya akan tampak kabut putih. Sebab lokasi ini berada di dataran tinggi.
Usai sarapan pagi, matahari mulai membuka kabut, langit biru terhampar di kanan kirinya mata kita akan melihat dua gunung besar gagah berdiri dengan warna hijau. Dibawahnya terbentang lahan pertanian warga. Enak lagi bagi yang suka mendaki bisa melakukan perjalanan ke lahan pertanian warga, kita akan banyak menjumpai kehidupan petani tengah menannam, memanen tanamannya. Bahkan kita bisa ikut terlibat dengan aktivitas petani. Sebab hampir semua petani suka berkomunikasi dengan para wisatawan. Silahkan mulai mengatur jadwal liburan panjang ke kota dingin Wonosobo Kledung Pass jangan dilewatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar