Pages

Rabu, 17 Juli 2013

PANTAI MARINA SEMARANG



Semilir angin dan suara deru ombak menyertai petualangan kali ini, setelah mencoba beberapa waktu untuk sedikit bisa memprediksi sunset pantai di kota Semarang. Walau tak mendapatkan sunset yang menarik, minimal dapat bersantai dipinggir pantai yang indah dan menarik. Pantai Marina terletak di ujung utara kota Semarang bersebarangan lurus dengan Pantai Maron yang berdekatan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani dan Museum Jawa Tengah Ranggawarsita serta kawasan wisata PRPP. Walau berbeda dengan pantai pasir pada umumnya, Pantai Marina juga menyimpan keindahan tersendiri. Keindahan yang tiada duanya di kota Wingko Babat Semarang.
Pantai Marina sebenarnya merupakan hasil reklamiasi (pengurukan) pantai di kawasan kota Semarang, yang dahulunya merupakan kawasan tambak dan hutan bakau. Kemudian beralih menjadi perumahan, kawasan pertokoan dan perkantoran. Sementara sisa bagian sebelah ujung pantai utara dibuat sedemikian rupa dibuat pembatas pantai yang nyaman untuk duduk-duduk dan bersantai. Pembatas pantai di Marina berfungsi sebagai pemecah ombak, sering disebut dengan breakwater. Breakwater adalah prasanana yang dibangun untuk memecahkan ombak atau gelombang air laut, dengan menyerap sebagian energi gelombang. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan untuk menenangkan gelombang dipelabuhan sehingga kapal dapat merapat dipelabuhan dengan lebih mudah dan cepat.
Berbicara tentang kapal, di pantai Marina Semarang juga terdapat kapal-kapal ukuran sedang yang secara khusus digunakan untuk wisata. Kapal-kapal wisata di pantai Marina banyak jumlahnya, jadi petualang tidak usah takut ketika hendak naik dan berputar-putar disekitar pantai Marina dan melihan keindahannya. Sambil sesekali memperhatikan kawasan hutan bakau dan kawasan Pelabuhan Tanjung Mas yang nampak dari kejahuan di sebelah timur. Untuk harga tiket masuk ke Pantai Marina dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,-/ orang. Cukup murah, apalagi kalau yang datang rombongan bisa lebih murah.
Selain pantai yang menarik, pantai Marina Kota Semarang juga banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh para Petualang. Misalnya area balapan mobil mainan yang berada di sebelah utara, penyedia ban renang yang berada di dekat tiket masuk, pantai pasir walaupun tidak seluas pantai Maron namun cukup mengobati para Petualang yang sengaja untuk berjalan-jalan dengan kaki kosong di pantai, beberapa gazebo yang berjajar di pinggir pantai, beberapa kursi yang memang disediakan untuk lebih menikmati keindahan alam pantai. Kalaupun tidak mau duduk di kursi, breakwater atau tembok pantai dapat menjadi alternatif yang paling pas dan nikmat untuk sekedar duduk-duduk dan berfoto ria bersama kawan.
Untuk mencapai Pantai Marina Semarang tidak lah sulit, hanya memang perlu sedikit usaha apalagi yang belum terbiasa dengan jalan Semarang. Dari arah Kabupaten Kendal, silakan untuk menuju ke arah timur memasuki bundaran kali banteng (dekat dengan museum ranggawarsita), lalu menuju jalan yang ke arah Surabaya (jalan RE Martadinata) – SPBU belok kiri – PRPP (Supermarket Giant) – Pantai Marina. Kalau dari arah Demak, bisa masuk ke kota Semarang atau Menuju jalan arteri (Jalan RE Martadinata) – arah PRPP – Marina. Jalanan yang mudah dilalui berbagai macam kendaraan menjadi nilai tersendiri dari pantai Marina, dari roda dua hingga bus ukuran bisa masuk ke area pantai Marina Semarang.
Perahu Wisata Pantai Marina Semarang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar