Pages

Sabtu, 20 Juli 2013

PANTAI DEPOK YOGYAKARTA

Wisata Pantai Depok Jogja
Pantai Depok Jogja
Pantai Depok di Jogja / Yogyakarta Wisata Pantai -Sebuah pantai di jogja yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lain seperti pantai parangtritis, Pantai Depok terletak di Kec. Kretek, Kab. Bantul, Propinsi D.I. YogyakartaIndonesia. Pantai Depok juga menjadi pilihan lain yang dapat di kunjungi oleh para wisatatawan. Selain keindahan pantainya, Pantai Depok juga menyediakan beberapa sajian kuliner yang khas. Karena itulah, pantai ini sering disebut pantainya yang gemar dengan sea food.

Pantai Depok terletak dekat dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang asri dan memungkinkan pengunjung dapat menemukan keindahan panorama pantai lainnya yang tidak ada di Parangtritis. Pantai Depok juga mempunyai tanah lapang yang masih ditumbuhi oleh tumbuhan bakau. Saat ini, area bakau ini menjadi sarana parkir kendaraan pengunjung.

Jika ingin langsung menikmati keindahan pantainya, pengunjung harus berjalan beberapa puluh meter dari area parkir. Jika kaki telah merasakan butiran pasir, pengunjung dapat segera melihat pemandangan Pantai Depok yang menyegarkan dan masih sangat asri.

Ombak yang hadir silih berganti menepi dengan suara deburan yang begitu menenangkan telinga. Baiknya, jika sudah melalui lokasi TPI Depok, pengunjung jangan terlalu buru-buru ingin segera sampai di pantai. Luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan menikmati pasar nelayan. Suasana tersebut akan lebih kuat jika Anda berkunjung di waktu akhir pekan. Biasanya aktivitas pada akhir pekan akan lebih ramai jika dibandingkan dengan hari biasa.

Beda dengan Pantai Parangtritis, Di Pantai Depok tidak ada delman. Tapi justru ini menjadi keistimewaan tersendiri dari pantai ini. Karena dengan berjalan kaki sambil mendengarkan deburan ombak, pengunjung dapat melihat secara lebih detail untuk menikmati setiap jengkal kawasan pantai yang memiliki panjang sekitar 2 km ini. Jangan melupakan hamparan pasir yang ada di Pantai Depok. Pasir pantai ini biasanya jadi favorit anak-anak. Mereka membuat mainan dengan membentuk mirip dengan istana atau bentuk lainnya dengan menggunakan pasir.

Akses untuk menuju Pantai Depok dapat ditempuh pengunjung dengan melalui jalur yang sama dengan jalur menuju Pantai Parangtritis. Dari pusat Kota Yogyakarta, pengunjung menuju jalan Parangtritis dan terus sampai ke Selatan. Memasuki kec. Kretek, ada rambu-rambu petunjuk menuju arah Pantai Depok dan Parangtritis akan jelas terpampang di pinggir jalan. Akses ini dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan darat, baik umum ataupun pribadi. Jika Anda datang secara berkelompok, lebih baik menyewa mobil di Kota Yogyakarta atau membawa mobil pribadi.

Fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Depok ini. Seperti Warung dan restoran yang ada di dekat Tempat Pelelangan Ikan ataupun di bibir pantai disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati hidangan seafood. Patokan harga di warung dan restoran ini relatif terjangkau, berkisar di bawah Rp 15.000,- tiap porsi. Aneka Ragam seafood yang disajikan juga bervariasi. Pengunjung bisa memilih berbagai macam jenis ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, bahkan ada juga sirip ikan hiu.

Demi keamanan, Pantai depok juga mempunyai petugas pantai (lifeguard) ataupun Satuan Polisi. Adanya mereka cukup membuat tenang jika ada peringatan gelombang laut yang tak bersahabat dengan pengunjung. Dan untuk pengunjung yang ingin bermalam, dapat bermalam di losmen atau penginapan yang ada di sekitar kawasan Pantai Parangtritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar