Pages

Selasa, 23 Juli 2013

MUSEUM DEWANTARA YOGYAKARTA

Nama Dewantara Kirti Griya berarti tempat atau rumah yang berisi karya-karya dan rekaman perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Selain itu, kronologi kehidupannya dari muda hingga wafat juga diabadikan di museum ini. Museum ini dapat menceritakan biografi sosok Ki Hadjar Dewantara melalui benda-benda dan foto-foto yang dipajang melalui tata cara tertentu di ruang-ruang pameran museum. Di museum ini terdapat perpustakaan yang memungkinkan wisatawan untuk mendalami pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Museum Dewantara Kirti Griya didirikan atas permintaan Ki Hadjar Dewantara, dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1970. Museum ini banyak mengoleksi benda peninggalan Ki Hadjar Dewantara.
Dunia pendidikan tanah air tidak terlepas dari peran RM. Suwardi Suryaningrat, cucu Paku Alam III, yang lebih dikenal dengan nama Ki hajar Dewantara. Tanggal kelahirannya kemudian diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Rumah kediaman sang tokoh lantas diabadikan menjadi Museum Dewantara Kirti Griya, yang berarti rumah yang berisi hasil kerja keras Ki Hajar Dewantara. Anda dapat melihat kehidupan sehari-hari beliau melalui beragam koleksi yang ditampilkan. Kamar pribadi Sang Guru, peralatan pribadinya, dan buku-buku berbahasa Belanda miliknya dapat Anda temui di sana. Kenali lebih dalam Ki Hajar Dewantara dengan berkunjung ke museum Dewantara.
LOKASI : Jl. Tamansiswa No. 31 Yogyakarta Telp. (0274) 389208, 377120
JAM BUKA : Selasa-Kamis : 08.00 – 13.00 WIB. Jumat-Sabtu : 08.00-11.000 WIB Minggu TUTUP

Koleksi keseluruhan sekitar 3.000 buah yang meliputi :

perabot rumah tangga, naskah, foto, koran, buku, majalah dan surat-surat, serta koleksi termuda berupa syair tahun 2003 karya Koh Hwat seorang keturunan Tionghoa.

    Fasilitas di museum Dewantara Kirti Griya antara lain :
    pendopo, perpustakaan, tempat parkir, toilet dan mushola.






    Jam buka museum :
     
    Hari Selasa – Kamis    :    08.00 - 13.30,
    Hari Jumat                  :    08.00 - 11.00, dan
    Hari Sabtu                  :    08.00 - 13.00 WIB

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar