Pages

Jumat, 26 Juli 2013

GOA PETRUK KEBUMEN JATENG

gua petrukGua Petruk merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gua ini terletak di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Didalamnya tak ada penerangan ,jadi masih gelap gulita,dan lantainya masih berbatu bukan ubin, nama dari gua petruk sendiri itu diambil dari tokoh pewayangan punokawan yaitu petruk. Dinamakan gua petruk karena didalam gua terdapat stalaktit yang bentuknya mirip dengan hidungya petruk.
Gua petruk memiliki 3 lantai gua,yang pertama adalah gua dasar ,gua hindu dan gua petruk. Gua dasar untuk wisata umum panjangnya hanya 100 meter,stalaktit dan stalakmitnya sungguh mengagumkan sekali. kalau ingin menelusuri hingga ujung harus dengan pemandu.setelah sampai pada ujung gua anda bisa mengunjungipantai ataupun air terjun yang berada dekat di ujung gua
Gua hindu adalah lantai dua,gua ini buntu hanya sedikit yang berkunjung dan dijadikan tempat buat menrauh sesaji
Gua petruk adalah lantai paling atas,terdapat bermacam macam stalaktit dan stalamitnya,
Semua gua masih gelap gulita, jadi apabila mau menelusurinya harus dengan pemndu wisata yang menggunakan lampu senter ataupun petromaks.
Untuk mengunjungi Gua Petruk ini, sebaiknya kita telah mempersiapkan peralatan berupa sepatu dari plastik atau karet, sehingga tidak bisa tembus air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar