Pages

Sabtu, 27 Juli 2013

CANDI LAWANG BOYOLALI JATENG

Siang hari ini, saya kembali melakukan perjalanan mencari candi. Kali ini saya menjelajahi Kabupaten Boyolali, tepatnya di Kecamatan Cepogo. Di Cepogo, terdapat dua buah lokasi candi yaitu Candi Lawang danCandi Sari. Sebagai tujuan pertama, saya memilih Candi Lawang yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Seperti yang tampak pada foto, pondasi candi masih tampak utuh. Pada bagian tubuh candi hanya tersisa pintunya saja. Mungkin karena itulah candi ini disebut lawang (= pintu). Tidak banyak informasi yang saya dapatkan di sini, mengingat tidak ada papan informasi serta petugas yang menjaga candi tersebut. Namun, yang saya peroleh dari blog tarabuwana, Candi Lawang seharusnya terdiri dari enam buah bangunan. Keenam bangunan tersebut antara lain satu candi induk yang diapit dua perwara di kanan kirinya, serta tiga candi wahana dalam satu pondasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar