Pages

Jumat, 19 Juli 2013

CANDI KEDULAN YOGYAKARTA


Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Kedulan - Masih tidak jauh dari kawasan wisata bersejarah yang ada di yogyakarta yaitu Candi.  Candi Kedulan merupakan sebuah candi Hindu yang terletak tidak jauh dari Candi Sambisari, tepatnya di Dusun Kedulan, Kel. Tirtomartani, Kec. Kalasan, YogyakartaPulau JawaIndonesiaCandi Kedulan pertama kali dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Kurang lebih Seperti 
Candi SambisariCandi Kedulan pertama kali ditemukan berada di tiga hingga tujuh meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan karena tertimbun lahar dari letusan gunung Merapi yang di perkirakan meletus secara besar-besaran pada abad ke-11 sekitar tahun 1006.

Karena jenis tanah yang ada di sekitar 
Candi Kedulan terdiri dari 13 lapisan yang berbeda unsur, sangat berkemungkinan besar jika candi ini tertimbun lahar dari letusan gunung merapi secara berkali-kali diperkirakan sekitar 13 kali.Arsitektur dari Candi Kedulan terlihat mirip seperti Candi Sambisari dan Candi Ijo. Candi ini memiliki hiasan berupa relief dari mulut kala atau raksasa dengan taring bawah, ketika pertama kali ditemukan berada di tengah sawah pada tahun 1993 oleh para penambang pasir yang mencari pasir untuk bahan bangunan.

Pada tahun 2003 di lokasi penambangan tersebut ditemukan dua buah prasasti yang ditulis dengan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta yang kurang lebih tertuliskan tentang pembebasan pajak tanah di Desa Pananggaran dan Parhyangan untuk keperluan pembuatan bendungan dan irigasi dan juga untuk mendirikan bangunan suci yang bernama Tiwaharyyan pada jaman Kerajaan Mataram Kuno dahulu kala.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar