Pages

Rabu, 24 Juli 2013

BELIK BIDADARI JAKA TARUB JEPARA JATENG

Belik Bidadari dan Jaka Tarub disebut juga dengan sebutan Sendang Nur Cahyo adalah tempat wisata yang terdapat di desa Daren, kecamatan Nalumsari, KabupatenJepara. Desa Daren terletak paling timur Kabupaten Jepara yang ber batasan langsung dengan Kabupaten JeparaBelik yang letaknya tepat di belakang Masjid di dukuh rahayu yang konon mbelik itu adalah air bekas bidadari dan jaka tarub dulu. Dan mistiknya mbelik ini walaupun di musim kemarau panjang tidak pernah kering.
Pernah ada orang buta yang datang ke Mbelik Bidadari dan Jaka Tarub, dan orang tersebut mencuci muka di Belik Bidadari dan Jaka Tarub orang tersebut tiba-tiba bisa melihat. Konon cerita barang siapa yang mandi di sendang tersebut maka wajahnya akan memancarkan sinar.

Setiap malam Jum’at Wage banyak masyarakat yang melakukan ritual mandi disana, katanya kegiatan itu sudah berjalan sejak zaman dahulu. apa lagi ritual puncaknya yaitu tanggal 1 syuro, tengah malam yang ramai oleh para pengunjung mereka berduyun duyun bahkan sebagian besar dari luar daerah. konon ceritanya tuh adalah tempat mandinya dewi nawangwulan, yang kemudian di jadikan istri oleh joko tarub, yang kabarnya siapa mandi di sendang tersebut maka wajahnya akan memancarkan sinar. sebagian orang bilang mereka ngalap berkah ingin awet muda dengan cara mandi di sendang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar