Pages

Jumat, 19 Juli 2013

ARGO WISATA APEL BATU MALANG JATIM


kusuma_agrowisata_batu_east_java_(4)-518
Apa yang anda pikirkan tentang Malang? Malang memiliki banyak sekali lokasi wisata yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Mau jenis wisata apa pun anda bisa menemukannya. Salah satu yang terkenal adalah agrowisata apelnya.
 
Ya, agrowisata. Malang berada di kawasan cukup tinggi dengan hawa yang super sejuk. Oleh karenanya, agrowisata di Malang sangat subur terutama di wilayah Batu. Ada yang sudah pernah agrowisata ke Malang?
 
Nah, kenapa tadi saya bilang agrowisata apel. Coba, apa yang anda pikirkan soal Malang Saya pribadi yang utamanya adalah buah apel. Apel Malang ini terkenal bahkan ke luar negeri. Apel Malang memiliki tekstur yang berbeda dan juga terdiri atas beberapa jenis. Rasanya? wah biar lidah saja yang bicara :D
 
Di Malang, anda bisa berwisata dengan memetik buah apel langsung dari kebunnya. Bayangkan bagaimana segarnya memetik dan menikmati langsung buah apel dari kebunnya. Wah tentu segar sekali. Wisata Agrowisata, memetik apel di Malang bisa anda lakukan di sejumlah tempat, nah saya sebutkan salah satunya yang terkenal, Kusuma Agrowisata. 
 
Kusuma Agrowisata ini terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Jawa Timur. Di sin, anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Perkebunan buah-buahan ada di sini dan tentunya memanjakan mata. Bukan hanya buah apel, tapi di sini ada juga buah stoberi, jeruk, jambu merah, buah naga, dan sejumlah sayuran yang bebas pestisida. Wah sehat kan? Lebih serunya, di sini, anda bisa menikmati buah-buahan tersebut dengan memetiknya langsung (apel) dengan batasan 2 buah apel untuk setiap paket wisata yang ditawarkan. Ketentuan gratisnya, anda harus memakannya di sini dan tidak boleh dibawa pulang. Kalau mau dibawa pulang sebagai oleh-oleh, akan dihitung dengan harga tertentu.
 
 
Di tempat ini, anda bisa menikmati betapa menyenangkannya berjalan di perkebunan apel. Sudah disediakan dengan baik lokasinya sehingga anda bisa berjalan-jalan dengan nyaman. Kebun apel ini sudah dibedakan berdasarakan kematangannya. Anda bisa jalan-jalang di kebun yang ditumbuhi pohon-pohon apel yang rimbun dengan buah-buahnya yang sudah ranum, tinggal petik. wiiiihh... ditambah lagi memang, keindahan pemandangan di sini yang sangat menakjubkan.
 
Selain apel, buah-buahan lain juga bisa anda nikmati. Untuk kebun jeruk, anda hanya bisa melihat-lihat tapi tidak bisa memetiknya. Buah jeruk di sini akan dipetik satu kali saja dalam satu tahun. Pemetikan dilakukan sekita bulan Juni. 
 
Luas total agrowisata Kusuma ini sekitar 17 hektaran dengan pembagian yang lebih luas pada kebun apel. Untuk kebun jeruknya sekitar 2,8 hektar dan 2 hektar lainnya untuk buah stoberi, sayuran, dan masih banyak lagi lainnya. Karena luas, anda bisa mengitari seluruh area perkebunan ini dengan menggunakan mobil wisata yang dihargai sebersar 10.000. 
 
Kusuma Agrowisata ini juga bisa menjadi wisata edukasi. Ada pemandu wisata yang disediakan demi menjelaskan bagaimana buah-buahan di kebun ini ditanam, dirawat, dan sebagainya. Anda bisa banyak bertanya pada pemandu wisata tersebut.
 
Bukan cuma memetik apel, ada lagi yang bisa anda lakukan di sini. Jalan-jalan ke agrowisata anda bisa bermain dengan alam dengan aneka wahana outbond yang sudah disiapkan. Outbond nya pun bisa dimainkan baik untuk dewasa maupun anak-anak, jadi wisata agrowisata Kusuma ini aman untuk semua umur.
 
Di Kusuma Argowisata ini serba paket. Anda bisa memilih aneka paket yang disediakan. Berdasarkan situs resminya, paket wisata outbonda yang disediakan itu Rp 150.000 per paket. Di sini, anda bisa meniikmati berbagai jenis pilihan wahana outbond dengan waktu selama 6 jam. Untuk paket ini biasanya digunakan oleh rombongan karena ketentuannya minimal 30 pack. 
 
Selain paket wahana, harga tersebut juga sudah termasuk ke dalam jus buah, wisata argo, memetih buah seperti apel atau jeruk atau jambu sebanyak 2 buah saja, 1 box makan siang, air minum, peralatan medical, dan juga pelatih profesional. Nah untuk harga pendampingnya adalah Rp 55.000.
 
Di Agrowisata Kusuma ini ragam permainana atau wahana outbondnya cukup menantang. Beberapa yang bisa disebutkan antara lain adalah Flying Fox, Air Softgun Battlem, ATV baik untuk dewasa maupun juga untuk anak-anak, Highrope Games, Paintball Combat, Motor Cross Funrode, Mini Train, Menunggang Kuda poni atau Pony Horse Rode, Fun Fishing, dan masih banyak lagi. Harganya tentu saja variatif. Mulai dari Rp 3000 untuk bermain video games, Rp 5.000 untuk naik kereta-keretaan mini, Rp 10.000 untuk menunggang kuda, menyewa alat oancing, hingga yang mahal sekalipin seperti Paintball Combat dengan harga RP 180.000. Untuk memancing, anda akan dikenakan Rp 30.000 per kg. Dan untuk airsoftgun battle anda akan dikenakan Rp 120.000 per orangnya.
 
Nah, untuk anda yang mencintai paketan, anda bisa menikmati paket untuk sekedar jalan-jalan di perkebunan dan memetik apel. Harga paketnya juga bearagam. Ada paket I yang dihargai Rp 35.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 untuk akhir pekan. Paket I ini meliputi wisata memetik apel atau stoberi sebanyak 2 buah, waffle apel, dan juga jus buah. Sedangkan Paket II ini berharga Rp 45.000 untuk hari biasa dan Rp 55.000 untuk akhir pekan atau weekend. Nah, dengan harga demiikian, anda akan bisa mendapat fasilitas untuk memetik buah-buahan seperti apel atau stoberi sebanyak 2 buah, jus buah, dengan tambahan nasi goreng apel dan juga bakmi goreng. wisata  Lainnya ada juga pilihan untuk menikmati puding, nasi goreng, dan sebagainya dan tentu harga paketnya juga berbeda. Nasi goreng apel, gimana rasanya ya???
 
Buat yang lapar saat ke Agrowisata Kusuma ini, tak perlu khawatir, Kalau makanan yang anda dapat masih kurang, di sini ada kedai yang bisa anda kunjungi untuk menikmati berbagai menu makanan yang lezat. Ada kedai yang dibagi berdasarkan bahan utama, yaitu kedai apel dan juga kedai stoberi.
 
Kedai apel yang ada di Kusuma Agrowisata ini menawarkan menupmenu seperti Apple Beef Stak, Apple Chicken Stak, Mie Sarang Apel, Nasi Goreng Apel, dan juga Apel Beef Strobanoff. (laperrr sekaligus penasaran rasanya kayak apa). Nah minumannya juga bervariasi kayak Apel Glow, Apel Sunrise, Apel Squash, Jus, dan juga milkshake. Aduh, segeeeerrr...
 
Nggak kalah dengan Kedai Apel, ada lagi yang namanya Kedai Stoberi. Yang ini lebih menggiurkan lagi menu-menunya. Ada Nasi Ayam Penyet Stoberi (waaaahh), udang saos stoberi, ayam saus stoberi, nasi goreng stoberi, stoberi chicken steak, chicken fruity stoberi, stoberi beef stroganoff dan lain-lain. penasaran kan???
 
Minumnya tentu masih dengan olahan dari si stoberi. Mulai dari jus biasa hingga jus mix stoberi dengan mangga atau jeruk, es teh stoberi leci, stoberi lavender lime, yoghut stoberi, dan lain-lain. Di kedai ini juga ada desert yang nggak kalah menggodanya. Semua berbahan dasar stoberi. Javanese Delight Stoberi, Pancake Stoberi Cheese, Tusuk Stoberi Cokelat, Banana Pizza Stoberi. Ya udah dari pada ngiler doang, mending langsung cus deh ke Kusuma Agrowisata! :D
 
strawspecial.jpg
Gimana cara ke Kusuma Agrowisata ini? Anda bisa ke sini dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Letaknya ada di sekitar 165 km dari pusat kota batu. Selain itu, waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari kota tersebut. 
 
Selain wisata jalan-jalan, kuliner, dan outbond, Kusuma Agrowisata ini juga memiliki hotel atau penginapan. Jadi buat anda yang bingung menginap di mana jika berasal dari luar Jawa Timur, booking saja penginapan di sini.
 
Nah, kalau buat yang berpikir wisata Kusuma ini terlalu mahal, ada laternatifnya kok. Jika anda lebih bersahabat dengan wisata murah, masih di malang, ada satu tempat yang cukup pantas direkomendasikan. Wisatanya serupa, wisata memetik apel langsung di kebunnya. Bedanya, yang ini lebih murah,. Harganya cuma Rp 20.000 dan seeeepuasnya. Ketentuannya tetap anda harus makan di sana. Jika dibawa pulang sebagai oleh-oleh, ya tentu harus membayar. Tapi nggak mahal karena dihargai seharga apel pasaran. 
 
Metik Apel 20.000 sepuasnya!
Nah, wisata yang satu ini namanya wisata Kelompok Tani Makmur Abadi. Di sini, fasilitasnya juga cukup lengkap. Anda bisa mendapat pemandu wisara, minum sari apel, dan memetik serta makan apel sepuasnya hanya dengan harga Rp 20.000 saja. Nah varian apelnya juga banyak. Ada manalagi, rome beayuty, grany smith, ana, hwang lien. Pokoknya ramai deh. 
 
haidar-menjelajah-kebun-apel.jpg?w=640&h
 
Nah kalau masih kurang lagi, ada wisata sapi perah yang dikenakan harga sebesar Rp 15.000 per orang. Dengan harga tersebut, anda bisa mendapat pemandu, minum susu segar dengan 3 rasa yang berbeda, bahkan memerah susu sendiri,. Pokoknya banyak deh. Ada paket pelatihan budidaya apel dan juga ternak sepi. 
 
Kalau mau ke sana, alamatnya ada di Jalan Diponegoro 10 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Nah, patokannya nggak jauh dari Taman Rekreasi Selecta.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar