Pages

Selasa, 11 Juni 2013

TAMAN REPTIL PURBALINGGA

Sanggaluri Park Purbalingga, Taman Reptil, Museum Wayang dan Uang


Gambar

Liburan sekolah selalu dinanti-nantikan oleh anak-anak. Setelah satu semester  belajar kemudian ulangan semester dan menerima rapor anak-anak akan senang jika liburan diisi dengan wisata yang mendidik. Salah satunya taman hiburan untuk anak-anak dan keluarga di Sanggaluri Park.  Di Sanggaluri Park anak-anak bias belajar tentang jenis-jenis reptile, serangga, museum wayang, museum uang, dan lain-lain.
Sangg aluri Park terletak di Jl.Buper, Kecamatan Kutasari, Kabupaen Purbalingga ,Jawa Tengah. Sebelum masuk ke area wisata Sanggaluri Park Anda harus memarkirkan kendaraan Anda dengan tariff parker untuk motorRp 1.000,00, untuk mobil Rp 4.000,00, dan Rp 10.000,00 untuk bis besar.  Karcis masuk wisata Sanggaluri Park Rp 10.000,00 hari Senin – Jumat dan Rp 15.000,00 hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Anak usia dia atas 3 tahun membayar penuh. Khusus anak-anak sekolah medapatkan potongan jika ada surat yang ditandatangani oleh kepala sekolah.
Dunia Reptil dan Serangga
Di Sanggaluri Park terdapat berbagai koleksi reptil baik dari dalam maupun luar negeri. Koleksi ular dari yang berbisa tinggi atau mematikan seperti King Kobra sampai ular tak berbisa namun lilitannya sangat mematikan seperti anaconda dari berbagai spesies dipelihara di Sanggaluri Park ini. Tak ketinggalan pula ular phyton yang panjang dan bertubuh besar juga ada di sini.
Koleksi reptil yang lain adalah berbagai jenis kadal dari dalam dan luar negeri. Koleksi beberapa biawak sangat menarik diperhatikan tingkah lakunya. Koleksi kadal raksasa atau komodo juga ada. Berbagai koleksi tokek dan cicak dari berbagai manca Negara sangat  unik dan menarik. Unik karena bentuknya yang aneh seperti ekor yang besar serta berwarna-warni shingga sangat menarik perhatian pengunjung.
Kura-kura Ambon/Batok
Kura-kura Ambon/Batok
Koleksi binatang dengan berjalan merayap yang lebih besar juga ada, seperti buaya muara.
Koleksi kura-kura dari berbagai spesies juga ada. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah kura-kura mirip alligator yaitu Alligator Snapping Turtle. Berbagai jenis kura-kura selain berada di dalam ruangan juga berada di luar ruangan.
Koleksi serangga kupu-kupu yang indah dari berbagai Negara diawetkan di insektarium yang disusun sangat menarik dan cantik. Di sini juga terdapat peta penyebaran kupu-kupu di Indonesia dengan menempelkan kupu-kupu yang diawetkan di peta dalam insektarium.Berbagai jenis capung dari berbagai negara juga ada. Koleksi laba-laba seperti tarantula dan Kaki Seribu yang diawetkan sangat menarik perhatian. Koleksi dari berbagai serangga kepik disusun sangat indah. Koleksi berbagai kumbang dari kumbang yang kecil sampai kumbang besar-besar yang disusun sangat menarik. Koleksi belalang dari berbagai spesies sangat menarik perhatian saya, salah satunya adalah belalang yang bentuknya mirip seperti daun, ini adalah sistem pertahanan diri jika ada serangan dari musuh. Tak kalah menariknya adalah koleksi kalajengking dari berbagai negara.

Wahana Permainan Anak-anak
Di Sanggaluri Park terdapat berbagai wahana permainan yang sangat mendidik seperti taman lalu-lintas dan stasiun Kutosari.  Wahana permaian trampoline dan istana balon sangat menarik bagi anak-anak.  Anak-anak juga bisa belajar bercocok tanam di warung kebon. Kebun buah naga juga ada. Untuk yang mau belajar tentang peragaan iptek juga ada. Tak kala menariknya wahana untuk anak-anak adalah playground dan flying fox. Untuk menikmati wahana istana balon, trampoline raksasa, mini train, dan flying fox masing-masing Rp 5.000,00.

Museum Wayang dan Artefak
Anak-anak juga dapat belajar budaya dengan mengunjungi museum wayang dan artefak. Memasuki ruangan di museum wayang pengunjung  disambut dengan alunan musik tradisonal Jawa. Berbagai koleksi wayang dari kulit, kertas, kayu, dan bahkan dari rumput jenis tetentu yang hanya dapat tumbuh pada bulan tertentu ada di Sanggaluri Park.Gamelan sebagai pengiring pertunjukan wayang dari Jawa Tengah dipamerkan di sini.  Wayang golek yang seperti patung ternyata selain dari daerah Jawa Barat juga ada yang dari luar negeri seperti negara Cina. Di museum wayan ini juga ada berbagai wayang yang unik karena digunakan sebagai media informasi objek tertentu seperti Wayang Pandu (pramuka), Wayang Reformasi, Wayang Pancasila. Salah satu koleksi wayang dari Thailand sumbangan dari anggota DPRD Purbalingga yang berkunjung ke Negara tersebut.
Koleksi pakaian adat Banyumas yang pernah dipakai oleh bupati Purbalingga juga dipamerkan di sini.

Wayang Cepak
Wayang Cepak

Wayang Kulit dari Solo/Jogja
Wayang Kulit dari Solo/Jogja

Wayang Pandu
Wayang Pandu

Wayang Thailand
Wayang Thailand

Artefak kuno dari budaya Banyumas dari beberapa jenis logam dan batu-batuan juga dipamerkan.
Topeng dari berbagai daerah seperti dari Cirebon, Pajegan Bali dan Suku Dani di Papua juga dipamerkan di sini. Fungsi topeng selain untuk pertunjukan tari juga untuk kepentingan yang lain seperti pertunjukan ritual magis dan perwatakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar