Pages

Selasa, 11 Juni 2013

MUSEUM UANG PURBALINGGA

Museum Uang Purbalingga


Museum Uang Purbalingga dibangun dengan maksud untuk mengumpulkan, menyimpan, dan merawat benda dan dokumen bersejarah dalam bidang perbankan, berupa mata uang dan alat-alat pembayaran lainnya yang pernah beredar di Indonesia dan negara-negara di dunia. Sehingga mempunyai nilai penting bagi para pengunjung museum. Museum Uang Purbalingga ini dibuka pada tanggal 18 Desember 2008. Uang yang dipamerkan disana pun cukup terawat dengan baik.
Museum Uang Purbalingga
Museum Uang Purbalingga (www.kompasiana.com)
Museum Uang ini terletak di Jalan Kutasari Kabupaten Purbalingga dan pengelolaan kawasan ini ada dibawah managemen Owabong. Museum ini mempunyai koleksi mata uang yang berasal dari 184 negara di dunia. Bukan hanya itu, koleksi dari dalam negeri pun tidak kalah menakjubkan karena Museum Uang Purbalingga mempunyai uang yang beredar pada jaman Kerajaan Majapahit, pemerintahan Hindia Belanda, masa penjajahan Jepang, hingga uang masa kini. Selain itu dipamerkan pula koleksi perangko dari dalam dan luar negeri.
Koleksi Mata Uang di Museum Uang Purbalingga
Beberapa Koleksi Mata Uang di Museum Uang Purbalingga (www.kompasiana.com)
Koleksi uang yang dimiliki merupakan sumbangan secara sukarela dari para pemilik uang kuno yang berasal dari Purbalingga, daerah lain, dan bahkan ada yang dari luar negeri. Bisa dikatakan kalau koleksi yang ada di tempat ini merupakan terlengkap di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar