Pages

Rabu, 26 Juni 2013

GEDUNG SATE BANDUNG


Pada awalnya tidak satu dua tamu Bandung tour dari Jacktour.com yang berfikir bahwa Gedung sate adalah gedung yang ada kaitannya dengan penjualan sate. Namun setelah diterangkan, Gedung sate adalah salah satu Icon Bandung dengan gedung yang dipuncak menara sentralnya ada ornamen sate, setelah mengetahui Gedung yang pernah ditulis sebagai bangunan terindah di Indonesia ini demikian, maka mereka pun tersenyum. Gedung Sate adalah Gedung Pemerintahan Propinsi Jawa Barat, tempat Sang Gubernur dan jajarannya bekerja.

LOKASI GEDUNG SATE

Di Bandung, menemukan Gedung Sate tidaklah terlalu sulit, apalagi jika anda ingin melawat dan mengambil kenangan foto di sekitar gedung ini. Mengingat, Gedung Sate terletak sangat dekat dengan tempat wisata di bandung yang cukup favorit bagi para pelancong, seperti Taman Lansia Bandung dan Musium Geologi Bandung persis di sebelah barat gedung ini.

Lalu Factory Outlets jalan Riau tidak jauh di belakangnya, dan Factory Outlets Jalan Dago tidak jauh di sebelah Timur gedung ini.

GEDUNG SATE BANGUNAN TERINDAH DI INDONESIA

Bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini dibangun pada tahun 27 Juli 1920 dan selesai 1924, masih pada zaman Hindia Belanda. Gedung sate yang merupakan bangunan monumental ini berdiri dengan anggun dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk arsitektur Indo-Eropa. Dalam salah satu buku yang ditulis oleh D. Ruhl (1952) menyebutkan bahwa Gedung sate adalah bangunan terindah di Indonesia.

Disamping Gedung sate yang menawan ini, terdapat gedung untuk para pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dibangun 1927.

Hampir dipastikan para tourist yang datang ke Bandung, baik lokal maupun luar negeri jarang yang tidak mengunjungi Gedung hasil penggabungan berbagai arsitektur Italia, Meru, dan Pagoda, Candi Borobudur, dan ciri khas Jawa Barat itu sendiri.


Gedung yang menghadap utara atau persis menghadap ke Gunung Tangkubang Perahu dan Monumen Perjuangan Jawa Barat ini, di depannya terdapat sebuah lapangan olah raga yang indah, yaitu Gasebu, yang terkenal dengan kegiatan Gasebu Sunday Morning activity-nya. Dibelakang gedung ini terdapat Taman Gedung Sate yang cukup luas dan membuat gedung itu terlihat semakin indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar