Pages

Sabtu, 08 Juni 2013

PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti di suatu sore.
Jika Anda mengira hanya Bali yang punya pantai yang eksotis, cobalah berkunjung ke Pantai Indrayanti. Di sini, Anda bisa menikmati suasana pantai layaknya pantai-pantai yang ada di Bali. Pasir Putih, air laut sejernih kaca dengan ombak yang tak terlalu besar, sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan wisata air.
Nama asli Pantai ini sesungguhnya adalah Pantai Pulang Syawal. Namun lebih populer dengan nama Pantai Indrayanti, karena awalnya ada satu Warung Makan "Indrayanti" yang ada di pantai ini.
Pemilik Resto & Cafe Pantai Indrayanti, Arif Rahman, dianggap sebagian orang yang memberi nama Pantai Indrayanti. Padahal, dia tidak pernah berpikir tentang nama pantai yang berada di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung itu. Dia hanya tergerak mengembangkan potensi bisnis yang ada di sepanjang pesisir pantai di Gunungkidul tersebut.
“Saya melihat peluang usaha terbuka lebar. Memang saya akui, potensi Gunungkidul itu bagus. Bahkan dengan Bali, atau pulau yang lain tidak kalah,” kata Arif.

Arif mengungkapkan, sebelum ada Restoran & Cafe Pantai Indrayanti, pesisir Pantai Pulang Syawal terlihat kotor dan kumuh. Meski pantai berpasir putih, banyak sampah berserakan di sepanjang bibir pantai yang cukup menggangu penglihatan. Arif pun mengajak warga setempat untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah, membuat kantong sampah, dan menata pantai agar tertata rapi dan indah secara bertahap.
Pantai Indrayanti memang sangat berbeda dibanding pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Selain berpasir putih, air lautnya pun jernih bak cermin. Karena itu, bagi Anda yang ingin melepas penat, di tempat ini Anda dapat berenang ,main skateboard atau sekedar berjemur menanti tenggelamnya matahari sore. Seperti halnya di Bali, di Indrayanti juga ada penjaga pantai yang berjaga-jaga melakukan pertolongan kepada pengunjung yang mengalami kecelakaan.

Bagi yang gemar berfoto, ada beberapa tempat karang yang sangat bagus dipakai sebagai latar belakang foto. Bahkan, tempat ini sering dipakai sebagai lokasi foto pre-wedding sepasang calon pengantin yang akan menikah.

Pantai Indrayanti terletak di wilayah Wonosari antara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Rutenya menuju Pantai Indrayanti hampir sama dengan rute menuju pantai-pantai lain di selatan kota Wonosari. Dari Yogyakarta ikuti saja Jln. Wonosari hingga tiba di kota Wonosari (sekitar 30 km). Dari kota Wonosari, ambil jalan menuju Pantai Baron (yaitu Jln. Baron). Ikuti saja jalan itu sepanjang sekitar 20 km, nanti akan banyak bertebaran papan petunjuk arah ke pantai A, B, C, dst. Pantai Indrayanti itu dekat dengan Pantai Sundak. Jadi jalan yang mengarah ke Pantai Sundak juga dapat mengarah ke Pantai Indrayanti.
Biaya masuk ke tempat ini juga cukup murah. Setiap pengunjung hanya dikenai tiket masuk Rp5.000. Namun, jika ingin menginap, pihak pengelola memungut tarif yang lumayan menguras kantong. Rata-rata losmen di Indrayanti memungut tarif antara Rp350 ribu sampai Rp700 ribu per malam. Check in dihitung mulai pukul 15.00 dan check out pukul 12.00 esok harinya. Meski terhitung mahal, namun, pada hari-hari biasa saja semua losmen di tempat ini nyaris full booking. "Hampir semuanya senang menikmati suasana sore. Jadi kalau menjelang maghrib, di sini justru sangat ramai," ujar Arief.

1 komentar:

  1. Rest Area Jalur Wisata Solo – Pantai Indrayanti ...
    HUBUNGI: 085-628-444-56 / 085-227-623-449
    Aneka jajan & Oleh-oleh Grosir & Eceran ...
    (Singkong bakar, tempe kripik, gadung, stik balado, cumi sayur, lipetan, kripik singkong, manggar pedas, makroni, potato stik, kembang jambu, kacang, dll..)

    TOKO MOJOREJO - MOJOREJO MOTOR
    Jl. Raya Watukelir – Semin Gunung Kidul Km.3 Alascilik (Pule)
    Tegalgiri, Krajan, Weru, Sukoharjo
    (600 meter utara pasar Candirejo-Semin)
    Toko warna warni sebelah timur jalan.. Habis tanjakan dari arah solo setelah balai desa krajan..
    Buka sampai malam.. Hari Besar & Minggu tetap buka..

    Agar perjalanan anda tetap lancar kami sediakan:
    Ban Murah – Berkwalitas – Made In Indonesia
    2.25-17 = Rp. 65.000,-
    2.50-17 = Rp. 65.000,-
    2.75-17 = Rp. 65.000,-
    Sedia aneka macam olie:
    Shell Adv AX5, Shell Adv SX, Enduro 4T, Federal UT, Federal Flick, Castrol Go, Castrol Activ, Yamalube, Mesran, Evalube 2T, SGO 4T, Top1, AHM MPX1, AHM MPX2

    Kami sediakan untuk anda segala kebutuhan perkantoran & accesories perlengkapan sekolah, jam tangan gaul, kalkulator, perlengkapan pramuka, Fotokopi..

    BalasHapus