Pages

Kamis, 01 Agustus 2013

CIATER BANDUNG JABAR

Bandung memang tempat yang terkenal akan keindahannya. Bukan cuma keindahannya di dalam kota saja, Bandung juga memiliki tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Sebagai contohnya adalah, Lembang, Tangkuban Parahu, Kawah Putih, dan banyak lagi tempat wisata lainnya. Kali ini kami akan membahas salah satu objek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan anda.
Coba bayangkan, menikmati liburan anda sambil berendam di kolam air panas dengan pemandangan outdoor yang indah dan ditemani udara yang sejuk dan bersih. Pasti terasa sangat menyenangkan, dan rasa lelah kita setelah bekerja di hari-hari sebelumnya bisa hilang seketika ketika berada di tempat ini. Dimana tempatnya? Nama tempat ini adalah Ciater. Berikut adalah sedikit cerita tentang Ciater.
ciater-bandung-1
Ciater sudah lama sebagai tujuan wisata. Wisatawan lokal maupun asing pergi kesana karena ingin berendam air panas sambil menikmati pemandangan gunung Tangkuban Perahu yang sekelilingnya dihiasi perkebunan teh nan sejuk segar. Di Ciater ada beberapa kolam pemandian berupa aliran sungai yang ditanggul dalam berbagai tempat dengan sumber mata air panas. Biasanya orang luar kota mampir ke Ciater sambil berendam air panas untuk melepas kelelahan selama perjalanan.
ciater-bandung-2
ciater-bandung-3
Untuk menuju Ciater, sangat mudah. Daerah Ciater termasuk dalam kawasan Gunung Tangkuban Perahu namun masuk dalam wilayah kabupaten Subang. Kalau dari sisi kota Bandung, maka Ciater ada di Utara kota Bandung. Dari Bandung sekitar 30-an km menuju arah utara. Rute yang harus ditempuh dari Bandung Kota menuju ke Lembang, terus dari Lembang ke arah Subang. Setelah menanjak melewati jalur Cikole/Tangkuban Perahu, maka jalan akan menurun tajam menuju arah Ciater. Sekitar 7 kiloan dari Cikole. Setelah masuk kawasan Ciater, nanti ada pertigaan belok kanan (ada petunjuk arah). Setelah membayar tiket, bisa masuk kedalam.
ciater-bandung-4
ciater-bandung-5
ciater-bandung-6
ciater-bandung-7
Oiya, kalau mau kesini jangan lupa bawa baju ganti, karena sayang kalau ke Ciater tanpa mandi air panas, karena sebenarnya obyek intinya adalah menikmati uap belerang dari aliran sungai Ciater. Anda bisa berendam dalam kolam atau disungai sambil bermalas-malasan sepuasnya. Wisata yang sangat simpel, selamat menikmati uap belerang dari kaki Tangkuban Perahu.
ciater-bandung-8
ciater-bandung-9
Lokasi permandian Ciater sendiri, terbagi menjadi beberapa area. Area terbuka adalah setiap orang yang sudah membayar tiket masuk tidak dikenakan biaya lagi, tapi area terbuka ini menjadi lalu-lalang orang dan tempatnya pun berbatu-batu sehingga kurang begitu nyaman untuk rilek.
Lokasi kedua adalah lokasi kolam terbuka dengan air panas yang mengandung belerang tersebut. Areal ketiga adalah kamar VIP dimana kolam-kolam air panas terbagi dalam ruangan-ruangan tertutup dan kita bisa bebas mandi didalamnya.
Fasilitas lain pun tersedia seperti tempat bermain untuk anak-anak, kuda tunggang dan delman, souvenir shopgolf driving range, kolam pancing dan ada juga atraksi program akhir pekan: domba tangkas, pertunjukan tari tradisional sisingaan khas Kabupaten Subang di panggung terbuka, panggung dangdut, badut dan lain-lain.
ciater-bandung-11
Oya, obyek wisata di Ciater bukan cuma sari ater lho. Ada banyak tempat wisata keren yang lainnya yang bisa dikunjungi dan pasti akan membuat kita betah berlama0lama disana. Ini dia objek-objek wisata yang bisa kalian temukan di Ciater:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar